Jumat, 22 Juni 2012

MEMULAI USAHA WARNET

Si postingan kedua ini saya ingin nge-share pengalaman saya membuka usaha warnet, di zaman sekarang ini warnet bukan hanya teman browsing , download dll. melainkan pelayanan di tambahkan dengan adanya fitur game online yang akhir-akhir ini lagi booming. soalnya jika kita cuma mengandalkan sistem warnet yang lama tanpa ada fasilitas game online jelas warnet kurang laku mengingat pasar anak sampai remaja sangat vital dengan game online tersebut disamping itu maraknya modem low price dengan paket internet dengan pilihan menjadi peritungan sendiri. bukan itu saja smartphone-smartphone terbaru memudahkan kita mengakses internet mobile dimanapun kita berada. oleh karena itu jika kita  ingin memulai usaha warnet pastikan juga ada fasilitas game online. warnet dengan game online harus mempunyai pc dengan spesifikasi yang cukup bagus and koneksi internet yang menunjang, ini yang membuat warnet dengan game online tidak mungkin dimainkan di HP, pc rumah atau laptop. karena membutuhkan koneksi internet dan spek yang tinggi.

berikut ini yang perlu di cermati dalam memulai usaha diatas :
1. Lokasi
    Sudah tak dapat di pungkiri bahwa tempat yang strategis adalah magnet dalam meraup klien warnet sebanyak-banyaknya misalnya : dekat sekolah, tak jauh dari kampus dan yang paling penting langsung menghadap jalan raya. ini sudah terbukti pada warnet saya yang terletak tak jauh dari sebuah sekolah swasta sehingga lumayan tiap hari banyak anak ngerjain tugas atau sekedar buka social network pas pulang sekolah. kebalikannya jangan membuka usaha seperti ini di tempat terpencil misalnya di tengah kampung, pedalaman atau tempat-tempat lain yang jauh dari unsur keramaian.

2. Modal
    Modal atau dalam bahasa jawanya di sebut bondo, hehe.  adalah suatu masalah klasik menurut saya, sebenarnya kita dengan mudah mendapatkannya lewat kredit mikro, atau pada program social BUMN yang ada di daerah kita, kalau kita berani dan yakin pada usaha yang kita yakini kita bisa meniru para bisnisman dengan cara meminjamnya di Bank.simulasi jumlah modal jika kita mau membuka warnet dengan game online dengan sepuluh PC Misal
 Pengeluaran dalam memulai bisnis warnet:
- 10 PC komputer client (bisa baru atau second tergantung budget) kira-kira @Rp. 1.800.000

Kira-kira Spesifikasinya seperti ini :
Motherboard :PC CHIPS
HDD : 250 GB
RAM : DDR 2 1GB
Processor : Dual core E5400
VGA,LAN,SOUNDCARD ONBOARD
Power supply : 450 VA
Stavolt : 500VA
(tidak usa di sertakan dvd/cd room)

Nah untuk komputer server kalau punya saya spesifikasinya seperti di skrinsut ini:

- 10 Monitor : CRT / LCD kira-kira @Rp. 1.000.000
- 10 Keyboard kira-kira @Rp. 60.000 untuk merk biasa
- 10 Mouse kira-kira @Rp. 50.000 untuk merk biasa
- 10 web cam kira-kira @Rp. 100.000 untuk merk biasa, bahkan bisa kurang dari 100rb karena serbuan barang made in china maka harga bisa lebih murah
- 10 Headset kira-kira @Rp. 50.000 untuk merk biasa
- 10 Mouse pad kira-kira @Rp. 5.000
- 10 Windows XP Home ori kira-kira @Rp. 800.000, XP Pro @Rp. 1.300.000
- 2 Card reader kira-kira @Rp. 50.000 untuk merk biasa
- 1 Bluetooth kira-kira @Rp. 50.000 untuk merk biasa
- 1 Switch isi 16 port kira-kira @Rp. 350.000 untuk merk SMC (ini fungsinya untuk mengalirkan koneksi dari komputer server ke klien)
- 1 Modem ADSL kira-kira @Rp. 350.000 untuk merk D-Link (biasanya juga dapet free saat pemasangan Internet)
- 1 Speaker kira-kira @Rp. 350.000 untuk merk Simbadda (ini ditaruh di komputer server saja)
- 10 Kursi yang ada sandarannya kira-kira @Rp. 150.000
- 10 Kursi plastik untuk kursi tambahan jika yang memakai 2 orang dlm 1 komputer kira-kira @Rp. 25.000
- 10 Meja komputer kira-kira @Rp. 180.000 atau bisa buat sendiri
- 50 Meter Kabel LAN @Rp. 3.000, atau bisa lebih tergantung jarak komputer client ke server, kalo saya dulu butuh lebih dari 50 meter karena ruangnya luas
- 1 Exhaust (penting untuk sirkulasi udara) kira-kira Rp. 180.000 untuk merk Maspion
- 2 Ceiling fan / Wall fan kira-kira Rp. @300.000 untuk merk KDK / Maspion
- 2 AC 1/2 PK jika menginginkan warnet ber AC kira-kira @Rp. 3.000.000
- 1 Printer Hitam kira-kira Rp. 600.000 untuk merk HP
- 1 Printer Warna kira-kira Rp. 800.000 untuk merk Epson
- 1 Scanner kira-kira Rp. 300.000 untuk merk Canon
- Bisa juga memakai printer multifungsi (Print (warna/hitam), Scanner, Copier, Fax) lebih murah kira-kira @Rp. 1.000.000 untuk merk Canon. Tapi saya sarankan tidak menggunakan printer multifungsi, karena untuk warnet kita hampir tiap hari menggunakannya, jika kesemua fungsi (printer,scan,copier,fax) dipakai maka printer pun lebih cepat rusak.
- 1 Lemari display kira-kira @Rp. 1.500.000, untuk tempat kertas dan juga jika anda sambil berjualan periperal komputer bisa di taruh lemari display.
- Banner untuk nama dan promo kira-kira Rp. 200.000
- 1 Kulkas display kira-kira Rp. 2.500.000 (atau bisa minta penyuplai minuman berkarbonasi macam Coca cola / Sosro, biasanya ada juga sales yang menawari)
- 4 Krat minuman @Rp. 40.000 (selanjutnya hanya beli isi saja)

Begitulah kira-kira seperti itu gambaran perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis warnet bahkan jika pintar kita bisa meminimalisir pengeluaran yang saya sebutkan diatas. Bisa juga ditambahkan item selain yang saya tuliskan diatas, biasanya beda warnet beda pula kebutuhannya. Dan kadang seiring perkembangan warnet, kebutuhan akan barang yang sifatnya gadget akan lebih beragam. Jadi siapkan dana extra saja ya :) .

Beberapa Link Penting:
- http://www.pc24.co.id/catalogue/category18_1.htm
- http://www.mediatama.net/new/Analisa-Bisnis-Warnet.php
- Google
3. surat izin

Persyaratan administratif
-NPWP perusahaan pengelolaan warnet dari Direktorat Jenderal Pajak.
-Surat domisili usaha atau SITU dari kecamatan.
-Surat tanda daftar perusahaan (TDP).
-Surat izin gangguan lingkungan yang dikeluarkan oleh kepolisian.
-Surat izin hiburan dan keramaian dari Dinas Pariwisata.
-Surat Izin RT dan RW setempat

Mekanisme perizinan
o Ada suatu alternatif jitu untuk mengurus perizinan usaha jenis. Buatlah surat izin usaha perdagangan terlebih dahulu pada Dinas Perdagangan, kemudian mintalah rekomendasi dan penunjukan perusahaan penyedia jasa provider. Dengan demikian prosedur yang ditempuh jelas dan akurat.
o Setelah SIUP dan surat penunjukan penyedia jasa provider telah didapatkan, pengelola dapat melanjutkan permohonan kepada pemerintah daerah. Tentunya melalui Dinas Perhubungan dengan menyertakan persyaratan secara lengkap.
o Jika semua persyaratan telah lengkap. perizinan usaha tersebut dapat selesai dengan waktu 14 hari kerja.
Semoga artikel ini dapat menjadi bekal informasi dalam mendirikan usaha warnet / game online.

2 komentar: